Selamat datang di Anakunmul.Com

UKM YANG ADA DI UNMUL

16komentar

UNMUL- Unit Kegiatan Mahasiswa atau akronimnya UKM adalah pusatnya kegiatan mahasiswa di lingkup Universitas Mulawarman.

tempat tinggal UKM ini bernama Student Center.
Di dalamnya, terdapat beraneka ragam kegiatan mahasiswa sesuai bakat dan minat yang mereka miliki. Di gedung bertingkat tiga ini juga, semua talenta selain urusan akademik dapat diasah dan dikembangkan.

Seiring perjalanan waktu, UKM juga mengalami kembang kempis. Sedikit demi sedikit penggerak-penggerak UKM yang ada di Unmul mulai menurun kuantitasnya.

Menurut analisis, hal ini sebagian besar disebabkan oleh kesibukan masing-masing, baik karena akademik maupun telah memiliki profesi lain. Faktor inilah yang menyebabkan sekat-sekat di lantai dua dan tiga Student Center nampak lengang alias tidak berpenghuni.

Namun tidak sedikit pula UKM yang dari tahun ke tahun justru penggeraknya semakin bertambah atau paling tidak tetap bertahan walau secara kuantitas tidak banyak.
Berikut adalah UKM yang hingga saat ini tergolong masih aktif:


1. IMAPA: “Kami sadar pentingnya menjaga Lingkungan”

Ikatan Mahasiswa Pecinta Alam(IMAPA) adalah UKM paling senior di Student Center. Kelahirannya diinspirasi oleh munculnya IMAPA di Fakultas Kehutanan oleh Ir. Dadang Imam Ghazali, Kemudian oleh Ir. Slamet Prayoga(Fakultas Kehutanan 1970) dibentuklah IMAPA Unmul, tepatnya pada 21 Maret 1984.

Saat ini, IMAPA diketuai oleh Ade Firman(FKIP Bahasa Inggris/ 2006). “Berangkat dari kesadaran akan pentingnya lingkungan, kami bergerak,” ungkapnya.
Beberapa divisi yang sedang dikembangkan oleh IMAPA adalah Divisi Hutan gunung, Divisi panjat tebing, Divisi Penelusuran, dan Divisi Arung jeram.

“Semua divisi tidak semata-mata melakukan perjalanan, tetapi juga menelusuri setiap medan dari segi ilmiah, misalnya divisi hutan gunung menelusuri flora dan fauna yang ada di tempat tersebut, jelasnya pada crew.

IMAPA pernah mengikuti berbagai macam olimpiade, sebut saja panjat tebing dalam Piala Rektor, pernah juga menyabet kategori pecinta alam terbaik se-Kaltim.


2. UKM Jurnalistik: “Ujur, Begitulah kami menyebutnya!”

Sesuai namanya, UKM Jurnalistik adalah Unit kegiatan mahasiswa yang bergerak di dunia tulis-menulis. UKM Jurnalistik tergolong UKM muda. Terbetuk pada 21 Mei 2007.
Hingga 2011, UKM Jurnalistik yang biasa dipanggil “UJUR” telah memiliki tiga generasi. Tahun pertama(2007) di awali oleh sang founder Munadi Arif(Fisip’02), dilanjutkan Wawan Susilo(Fisip ’04) di tahun ketiga, dan sekarang berpindah ke tangan Ardiansyah(Fisip’07).

Pada kepengurusan 2010-2011 ini, “UJUR” memiliki dua divisi yang terus dikembangkan. Pertama yaitu Dewan Redaksi yang merupakan ujung tombak pergerakan. Dewan redaksi membawahi reporter/ jurnalis, editor, dan lay-out-er. Beberapa program kerja yang diusung antara lain Buletin SKETSA, Jurnal SKETSA, Mading, dan Media Online(Fb, group, dan blog). Disamping dewan redaksi, Ada juga divisi yang merupakan alat vital pergerakan di setiap organisasi. Divisi ini dinamakan Divisi Pelatihan dan Pengembangan atau biasa disingkat LITBANG.
Beberapa andil besar dari LITBANG adalah menjaga dan meningkatkan kualitas pengurus dalam pengembangan diri mengenai dunia jurnalistik. Beberapa pengejawantahan program kerjanya adalah Up-Grading bagi pendatang baru “UJUR” agar mereka mampu memahami esensi Jurnalistik, Education, training, and monitoring tentang tips dan trik Jurnalistik, dan Fun-family agar pengurus tidak merasa jenuh akan deadline tulisan yang biasanya tak tanggung-tanggung membebani pundak mereka.

UKM Jurnalistik Unmul pernah bekerjasama dengan beberapa media yang ada di Samarinda, beberapa lembaga internal kampus, dan beberapa tahun yang lalu bekerja sama dengan Media Kehumasan Pemerintah Kota serta Pemerintah Provinsi dalam sebuah agenda besar membantu dan menyukseskan Pekan Olah raga Nasional Kaltim XVII, dimana UKM Jurnalistik menerjunkan 4 personilnya untuk membantu membidangi redaktur dan wartawan Kehumasan media PON XVII dan mengharumkan nama Universitas Mulawarman karena mahasiswanya telah memberikan pengabdian bagi daerahnya melalui penulisan berita di Media Center PON XVII.


3. UKM Pramuka: “Kami terjun ke Sekolah-Sekolah”

1986, tahun tersebut menjadi saksi bahwa Unit Kegiatan Mahasiswa ini telah menjadi bagian dari Universitas Mulawarman. UKM Pramuka telah memiliki dua puluh enam kepengurusan. Pada Januari 2011 yang lalu, Maidi Alimanto(FKIP Fisika/ 2008) dipercayakan untuk menggantikan posisi ketua sebelumnya.

“Kami melatih lima sekolah yang memiliki ekskul Pramuka,” tuturnya.
Seperti UKM yang lain, UKM Pramuka juga memiliki beberapa divisi, seperti: Divisi Tekpram(Teknik Kepramukaan), Giatop(Giat Operasional), Humas(Hubungan masyarakat). Masing-masing divisi memiliki peranan masing-masing.
“Divisi Tekpram adalah divisi yang membina kepramukaan di sekolah-sekolah, sedangkan divisi Giatop biasanya membuat kegiatan seperti kemah karya bakti,” jelasnya kemudian.

UKM yang lebih banyak terlibat di sekolah-sekolah ini pernah mengikuti lomba lintas alam Unmul dalam memperebutkan piala rektor Unmul pada beberapa waktu lalu.

4. UKM Taekwondo: “Raih Perunggu dalam Open Turnamen Andi Harun 2010”
Entje Achmad Rizky(F. Kesmas/2009), ketua yang baru saja dilantik oleh UKM Taekwondo untuk meneruskan kepemimpinan sebelumnya. UKM bela diri yang berdiri pada 1992 ini memiliki beberapa divisi, seperti: Divisi kesekretariatan, Pelatihan dan Pengembangan(Litbang), Kesra, dan divisi perlengkapan.
“Jadwal rutin latihan kami adalah hari rabu, Jumat, dan Minggu,” tutur Sekretaris UKM tersebut.

UKM yang mulai menanjak dewasa ini pernah menyabet perunggu dalam open turnamen yang diselenggarakan oleh Andi Harun tahun 2010 yang lalu.




5. UKM Band: “Buka Rental Studio”

Lebih dari dua puluh grup band pernah terlahir dari kelompok anak-anak yang ingin memajukan perindustrian musik ini. Aliran musiknya pun bermacam-macam, dari rock, pop, mellow, metal, hingga nasyid pun ada di UKM Band.

Menilik dari sejarahnya, ternyata UKM Band terbentuk karena pada saat itu kegiatan seni music dirasakan sangat kurang.
Hanya ada Pesta Musik Kampus(PMK) dan acara musik yang digelar bersamaan dengan acara Dies Natalis(Hari Jadi) Unmul. Saat itupun, yang menyelenggarakan masih UKM Mulawarman Marching Band(sampai pada PMK III). Singkat kata, hal itu menyebabkan Yustinus Giri (Faperta ’91), Susanto Asan (Fahutan’92), Hadi Imam Wahyudi (Fisipol’92), Sofyan Agus (Fisipol’92), Games Laden (Faperta’91) mulai merencanakan untuk mendirikan sebuah wadah kegiatan-kegiatan seni musik.

Lalu berdasarkan kesepakatan para pelaku sejarah ditujukan saudara Yustinus Giri sebagai Ketua UKM Band yang pertama, dimana UKM Band bertujuan hanya melaksanakan kegiatan Pesta Musik Kampus. Akhirnya, pada Tanggal 14 September 1994, UKM band mendapatkan surat keputusan (SK) dari Rektorat UNMUL yang berisi restu beliau. Maka, sejak saat itu UKM band sah berdiri dilingkungan Universitas Mulawarman

“Kantin di bawah pohon bambu Fakultas Ekonomi adalah tempat berkumpul kami bersama alumni sekaligus tempat itulah yang menjadi saksi bisu terbentuknya UKM Band oleh para pendiri,” kenang Ali Musafa(Fekon/ 2008), ketua UKM Band.

UKM Band termasuk UKM yang mandiri. Danus(Dana Usaha), salah satu divisi yang dimiliki UKM Band membuka beberapa usaha seperti rental studio(penyewaan studio band) dan penyablonan kaos. Selain Danus, UKM yang masuk kategori seratus besar Indifest di Surabaya ini juga memliki divisi Kampanye, divisi Pendidikan, juga pengembangan Mabok(Majalah Tembok).

“UKM Band pernah sepanggung dengan TRIAD, Nindi, Gigi,” tutur personil-personil UKM Band.
Beberapa Fasilitas yang dimiliki UKM BAND UNMUL adalah:

1. Sekretariat
Ruang ini Merupakan ruangan yang digunakan sebagai tempat untuk beraktivitas dalam hal administrasi serta manajemen organisasi UKM BAND UNMUL seperti rapat ,diskusi dan hal-hal lainya. Ruangan ini juga digunakan sebagai tempat menumpahkan ide, pikiran, saran dan kritik oleh anggota UKM BAND UNMUL.

2. Studio
Ruangan ini berisi alat-alat studio band pada umumnya, seperti Drum, Gitar, Bass, Keyboard, serta ampli dari masing-masing instrument tersebut. Ruangan ini digunakan sebagai tenpat latihan musik bagi para anggota UKM BAND UNMUL, tapi tidak menutup kemungkinan studio ini digunakan oleh umum dengan cara merentalkan.

3. Gudang
Seperti Gudang pada umumnya, Gudang UKM BAND UNMUL ,merupakan sarana yang digunakan sebagai tempat penyimpan property UKM BAND UNMUL, Baik yang sudah tidak terpakai maupun yang masih terpakai.




6. PUSDIMA: “Bersama dalam Persaudaraan”

Pusat Studi Islam Mahasiswa(PUSDIMA), dari namanya tentu sudah banyak yang tahu bahwa UKM ini adalah wadah kerohanian bagi mahasiswa muslim. Kegiatannya beragam dan full spirit. Dari penelusuran personil, nampak ada yang berbeda dari UKM yang dalam pergerakannya selalu dinamis ini. Jika semua sekretariat UKM ada di Student Center, maka tidak demikian dengan Pusdima. Sekretariatnya berada di samping Masjid Al Fatihah, berseberangan dengan usaha yang telah lumayan lama mereka kembangkan, yaitu jasa fotocopy dan sebuah warung makan “UMMI” Pusdima.

UKM yang memiliki jargon “Bersama dalam Persaudaraan” ini memiliki berbagai macam kegiatan dari beberapa departemen. Salah satu kegiatan yang baru saja terlaksana yaitu Training motivasi yang telah menggelegarkan Dekanat Fekon Lantai tiga dalam rangkaian kegiatan Muslimah in Action(MIA). Training yang dihadiri sekitar 150 orang tersebut menghadirkan Nanang Mubarok, SHI, CMLP, COL, seorang trainer nasional asal Jakarta yang April mendatang akan maju memecahkan rekor MURI,”Berbicara selama 100 jam”.

Sebelumnya, PUSDIMA yang baru saja melaksanakan Muktamar(pergantian struktur kepengurusan) pada akhir Februari lalu juga telah beberapa kali mendatangkan pemain film, pemeran utama laki-laki Ketika Cinta Bertasbih dan Dude Harlino, pemeran utama film “Dalam Mihrab Cinta” yang digarap langsung oleh Habiburahman el-Shirazy selaku penulis novel tersebut.


Selain ke enam UKM tersebut masih ada juga UKM lainnya yang tentu saja eksis hingga sekarang. Sebut saja UKM Teater Yupa yang telah melanglang buana hingga tingkat nasional, UKM Bola, UKM bela diri seperti UKM Thifan Po khan dan UKM Tarung Drajat. sumber:(Risna-Ratna)& http://www.ukmjurnalistikunmul.co.cc
Share this article :

+ komentar + 16 komentar

6 September 2012 20.14

ass.. sbelumnya saya minta maaf, yang saya tanyakan disini, apakah UKM band pda bidang nasyid msh aktif dan juga ada peminatnya tw nggk??trima ksh

6 September 2012 20.26

ass.. sbelumnya saya minta maaf, yang saya tanyakan disini, apakah UKM band pda bidang nasyid msh aktif dan juga ada peminatnya tw nggk??trima ksh

14 Mei 2013 11.32

Moga makin bersinar...

27 Maret 2015 18.28

terimakaish atas infonya min ...

terimaksih atas info yang telah diberikan nya , ditunggu info lainnya min

5 Mei 2015 18.33

ohh jadi gitu ya min , thanks infonya yah ,,. ditunggu info lainnya min ..

14 Mei 2015 21.18

Artikel nya menarik min , thanks atas infonya :)ditunggu info lainnya looh :)

Infonya menarik mun , anak unmul emang kreatif dah ,,,, ditunggu yang lainnya kak ,,

29 Juli 2015 21.27

Terimakasih atas informasinya , ditunggu update terbarunya min

16 Oktober 2015 07.21

Nice info. Thanks for sharing.

Asia Poker99
Poker Terpercaya
Poker Gampang Menang
Poker Tanpa Bot
AsiaPoker 99

9 Desember 2015 19.59

Nice posnya gan. thank's

11 Desember 2015 14.50

Thank's for post

5 Januari 2016 14.40

Nice post

11 April 2016 03.38

baru kali ini nih gan aku ngebaca artikel yang sangat bagus,ditgu ya yg artikel selanjutnya..!!

11 April 2016 03.40

Nice post gan, sangat membantu

31 Oktober 2016 04.15

Mau tanya..apa UKM Basketball gk ada ya ???

Posting Komentar

blog ini dofollow dan komentar tidak dimoderasi jadi silahkan memberikan komentar dengan baik

 
Support : Pulsa Online | Unmul | Situs Islam
Copyright © 2011. Anak unmul - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Modify by CaraGampang.Com
Proudly powered by Blogger